TRAGIS! Helloween Tersedih Di Korea Selatan Setelah 8 Tahun

KORBAN HELLOWEEN KORSEL 02 - Orbit Computer Semarang

Orbit.co.id- Korea Selatan sedang berduka dengan kejadian yang terjadi pada 29 Oktober 2022 lalu karja sebuah tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan malam menjadi insiden paling mematikan bagi Negeri Ginseng sejak 2014 saat kapal MV Sewol tenggelam dan menewaskan 299 orang.

Sudah terindentifikasi korban tewas dalam tragedi Halloween kemarin sampai saat ini berjumlah 154 korban jiwa. Sebanyak 26 korban yang tewas itu merupakan warga negara asing dan ratusan orang lainnya juga luka dalam insiden tersebut.

KORBAN HELLOWEEN KORSEL 03 - Orbit Computer Semarang

Hampir 100 ribu orang mengunjungi kawasan itu untuk perayaan Halloween setelah dua tahun dikurung selama pandemi. Pesta yang diikuti oleh banyaknya remaja dan pemuda berusia 20 tahunan dengan mayoritas perempuan sebanyak 98 orang. Karena padatnya penduduk yang datang menjadi salah satu penyebab meninggalnya ratusan orang juga karna kekurangan oksigen sekitar.

Lokasi insiden merupakan jalanan gang sempit menurun sepanjang 50 meter yang menghubungkan distrik restoran, kelab, dan bar, yang sibuk dengan jalan utama. Sekitar enam orang dewasa hampir tidak bisa lewat pada saat yang bersamaan di gang tersebut.

KORBAN HELLOWEEN KORSEL 04 - Orbit Computer Semarang

Kawasan Itaewon sendiri telah populer sebagai tempat perayaan Halloween setiap tahunnya. Sejumlah turis dari negara tetangga termasuk warga Indonesia bahkan rela terbang ke Seoul untuk merayakan Halloween di Itaewon ketika perayaan tersebut makin populer di kalangan negara Asia.

Yoon Suk Yeol (Presiden Korea Selatan) mengunjungi lokasi pada 30 Oktober 2022 untuk menyaksikan penyelidikan dan ikut berduka dengan banyaknya pemuda yang tewas akibat kejadian malam Helloween kemarin. Presiden Yoon mengirimkan belasungkawa kepada keluarga para korban dan berharap semua yang terluka “cepat sembuh.”

Presiden Yoon Seok Yeol juga mengadakan konferensi pers di Kantor Kepresidenan Yongsan, di mana ia mengumumkan wacana publik darurat terkait dengan tragedi Itaewon dan menyatakan masa berkabung nasional, mulai hari itu dan berlanjut sampai 5 November.

KORBAN HELLOWEEN KORSEL 05 - Orbit Computer Semarang

Beberapa acara musik, termasuk ‘Halloween Strike Music Festival 2022‘ dan ‘Busan One Asia Festival 2022,’ juga telah dibatalkan. Seluruh Perayaan Halloween yang diselenggarakan juga telah dibatalkan di taman hiburan Everland serta distrik perayaan Halloween yang populer seperti Hongdae.

Setelah tragedi nahas tersebut, banyak orang di Korea Selatan telah muncul di tempat peringatan, peringatan baik yang darurat maupun yang didirikan oleh pemerintah, untuk memberi penghormatan dan mengirim doa kepada para korban yang telah meninggal.

Mari kita doakan yang terbaik untuk para korban dan semoga keluarga yang ditinggalkan bisa ikhlas melepaskan kepergian anggotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu