Apa Kalian Tau Tentang Sertifikat TKDN?

Orbitcoid- Apa Sih TKDN Itu? TKDN singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri, yaitu besarnya komponen dalam negeri pada barang, jasa dan gabungan dari barang & jasa. Perlibatan perusahaan nasional dalam rantai pemasok mendorong peningkatan TKDN, dimana setiap perusahaan yang bekerja sama dengan P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) harus memiliki sertifikat agar diakui sebagai produk dalam negeri.

Lalu apa gunanya memiliki sertifikat TKDN selain diakui sebagai produk dalam negeri? Menurut kutipan yang diberikan oleh Kemenperin.go.id menyatakan hasil survei yang menunjukkan bahwa kepemilikan sertifikat TKDN dapat mempermudaha perusahaan dalam mengikuti tender pengadaan barang pemerintah, secara umum seperti; Permintaan dari pemerintah dan bisa meningkatkan volume penjualan serta produksi perusahaan itu sendiri.

TKDN ORBIT 01 -

Untuk anda yang ingin mendaftarkan produk, perusahaan ataupun jasa anda agar mendapatkan sertifikasi TKDN. Ada 2 lembagai dimana anda bisa mendaftarkan perusahaan anda, diantaranya adalah PT.Surveyor Indonesia (Unit Bisnis Industri & Fasilitas) di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 56, lantai 7, Jakarta Selatan  dan PT. Sucofindo (Persero sebagai Unit Bisnis Strategi Pemerintahan Bagian Verifikasi Keteknikan) yang terletak di Jalan Raya Pasar Minggu Km. 34, lantai 13, Jakarta Selatan.

Untuk sah dan tidaknya akan di verifikasi oleh Surveyor adalah melalui Proses Produksi, mesin yang digunakan, tenaga kerja (langsung dan tidak langsung), biaya tidak langsung pabrik (penggunaan listrik, gas, telepon) dan lain-lain. Dokumen yang perlu disiapkan oleh perusahaan untuk verifikasi TKDN adalah Akta Pendirian Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan, Laporan Hasil Produksi selama satu tahun terakhir dan lain-lain.

TKDN ORBIT 02 -

TKDN akan memfasilitasi beberapa komponen, seperti;

a.) Gratis untuk 9000 sertifikat produk.

b.) Sertifikat gratis diberikan kepada produk dengan nilai TKDN minimal 25%.

c.) Sertifikat yang difasilitasi dapat memuat produk dengan berbagai jenis.

d.) Bahan baku dan proses produksi yang sama meskipun beda dimensi,

Itulah beberapa gambaran tentang TKDN. Orbitcoid memiliki beberapa produk yang juga memiliki sertifikat TKDN diantaranya ada laptop, PC dan audio, untuk informasi lebih banyak, anda bisa menemukan berbagai produknya di Orbitcoid.

Main Menu