Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh Orbit.co.id terkait penggunaan situs Orbit.co.id secara online dan offline. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs Orbit.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan Orbit.co.id.

Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di Orbit.co.id.

HUKUM

Dengan menggunakan serta taat kepada prinsip hukum syariah dalam bermuamalah, Maka setiap transaksi, ataupun interaksi yang terjadi antara pihak-pihak yang terkait dapat memiliki kejelasan, keadilan, kerelaan, meminimalisir keambiguan serta kesalahpahaman yang dapat merugikan salah satu atau banyak pihak.

Perjanjian ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan Hukum Syariah dalam bermuamalah, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengunjung setuju bahwa tindakan hukum atau sengketa apapun yang mungkin timbul dari, berhubungan, berinteraksi dengan, atau berada dalam cara apapun termasuk berhubungan dengan situs, Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi Pengadilan Agama Republik Indonesia.

Akun Pengguna

  1. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  2. Orbit.co.id tidak akan meminta username, password milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Orbit.co.id menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Orbit.co.id atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  3. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Orbit.co.id jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  4. Pengguna/customer dengan ini menyatakan bahwa Orbit.co.id tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
  5. Pengguna/customer memiliki hak untuk melakukan perubahan nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.

Ketentuan Transaksi

  1. Garansi Toko
    1. Garansi toko berlaku dimulai dari hari tanggal pembelian hingga waktu yang telah ditentukan.
    2. Garansi toko berlaku hanya untuk produk-produk yang dibeli melalui akun resmi kami baik secara online (situs resmi & marketplace) ataupun offline.
    3. Garansi toko sebatas support (Product Knowlegde) dan free service untuk produk yang telah dibeli.
    4. Secara prinsip syariah Orbit.co.id berlaku sebagai penjual produk dan tidak menjual asuransi apapun, Seluruh transaksi / akad jual beli bersifat “Jual Putus” yang berarti Produk yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi.
    5. Customer berhak dan wajib meminta informasi detail produk berupa foto ataupun video sebelum produk dikirimkan karena, garansi toko tidak berlaku untuk produk yang telah berubah orisinalitasnya atau terbuka segelnya.
    6. Orbit.co.id tidak akan membuka segel produk hanya demi untuk melihat/memastikan kondisi barang yang berarti, Membuka segel dapat dilakukan setelah customer membayar lunas produk yang segel tersebut.
    7. Orbit.co.id tidak memberikan garansi untuk segala bentuk jenis produk elektronik yang berhubungan langsung serta sensitif terhadap tegangan listrik seperti : “Adaptor, Power Supply, Kapasitor .dsb”.
    8. Apabila customer tidak meminta informasi detil produk sebelum dikirimkan, Maka customer telah mengabaikan haknya untuk dapat melihat produk secara prinsip syariah.

    Garansi Distributor

    1. Garansi distributor merupakan garansi yang disediakan oleh pihak supplier dan bukan Garansi dari pihak Orbit.co.id (Toko/Penjual).
    2. Klaim Garansi Distributor dapat dilakukan dengan cara menghubungi supplier, mengirimkan produk ke supplier atau dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera dalam kartu garansi.
    3. Garansi distributor berlaku untuk produk yang rusak karena pemakaian wajar, kerusakan minor yang tidak disengaja ataupun kerusakan serupa sesuai dengan kebijakan masing-masing distributor.

    Garansi Resmi

    1. Garansi resmi desidiakan oleh vendor atau manufaktur resmi produk melalui outlet-outlet service center.
    2. Claim Garansi Resmi dapat dilakukan dengan datang langsung ke Service Center masing-masing brand product.

Down Payment

Dalam prinsip syariah akad dengan sistem panjar/down payment disebut dengan nama ‘urbuun, ‘Urbun ataupun Down Payment sendiri merupakan pembayaran sebagian transaksi di awal serta pelunasan pembayaran transaksi dengan waktu yang telah ditentukan secara pasti.

Mesikpun diperbolehkan dalam syariah, Pihak Orbit.co.id sangat membatasi transaksi dengan menggunakan sistem DP, berikut ketentuan kami :

  1. Customer wajib melakukan negosiasi serta mendapatkan kesepakatan dari pihak Orbit.co.id untuk dapat melakukan Down Payment pada transaksinya.
  2. Nominal Down Payment adalah 50% dari total transaksi dan Customer wajib melunasinya maksimal H-3 sebelum pengambilan barang oleh Customer.

Tipe Garansi

Berdasarkan produk-produk yang kami jual, Orbit.co.id memiliki 3 tipe garansi yang berbeda-beda :

  1. Garansi Resmi : Disediakan oleh manufaktur/vendor resmi berupa servis center yang berlaku untuk seluruh produk resmi masing-masing brand.
  2. Garansi Distributor : Disediakan oleh supplier produk dengan periode garansi yang terbatas dan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing pihak supplier.
  3. Garansi Toko : Disediakan oleh kami dalam bentuk Support dan Free Jasa Servis mencakup seluruh produk yang telah ditentukan serta dikonfirmasi garansinya.

Ketentuan Garansi

Garansi Toko

  1. Garansi toko berlaku dimulai dari hari tanggal pembelian hingga waktu yang telah ditentukan.
  2. Garansi toko berlaku hanya untuk produk-produk yang dibeli melalui akun resmi kami baik secara online (situs resmi & marketplace) ataupun offline.
  3. Garansi toko sebatas support (Product Knowlegde) dan free service untuk produk yang telah dibeli.
  4. Secara prinsip syariah Orbit.co.id berlaku sebagai penjual produk dan tidak menjual asuransi apapun, Seluruh transaksi / akad jual beli bersifat “Jual Putus” yang berarti Produk yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi.
  5. Customer berhak dan wajib meminta informasi detail produk berupa foto ataupun video sebelum produk dikirimkan karena, garansi toko tidak berlaku untuk produk yang telah berubah orisinalitasnya atau terbuka segelnya.
  6. Apabila customer tidak meminta informasi detil produk sebelum dikirimkan, Maka customer telah mengabaikan haknya untuk dapat melihat produk secara prinsip syariah.

 

Garansi Distributor

  1. Garansi distributor merupakan garansi yang disediakan oleh pihak supplier dan bukan Garansi dari pihak Orbit.co.id (Toko/Penjual).
  2. Klaim Garansi Distributor dapat dilakukan dengan cara menghubungi supplier, mengirimkan produk ke supplier atau dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera dalam kartu garansi.
  3. Garansi distributor berlaku untuk produk yang rusak karena pemakaian wajar, kerusakan minor yang tidak disengaja ataupun kerusakan serupa sesuai dengan kebijakan masing-masing distributor.

 

Garansi Resmi

  1. Garansi resmi desidiakan oleh vendor atau manufaktur resmi produk melalui outlet-outlet service center.
  2. Claim Garansi Resmi dapat dilakukan dengan datang langsung ke Service Center masing-masing brand product.

Biaya Pengiriman Barang

Pembeli memahami dan mengerti bahwa Orbit.co.id telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Orbit.co.id tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

Ketentuan Pengiriman

  1. Pengiriman Barang dalam sistem Orbit.co.id wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah yang dipilih oleh Pembeli.
  2. Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
  3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
  4. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
  5. Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pengiriman barang GO-SEND untuk transaksi pembelian barang melalui Situs Orbit.co.id
  6. Untuk proses pengembalian barang (Refund) yang telah terkonfirmasi, Seluruh biaya pengiriman ditanggung oleh customer.

Ketentuan Refund (Pengembalian)

  1. Pada dasarnya Orbit.co.id menerapkan prinsip syariah disetiap transaksi jual beli yang terjadi di situs resmi Orbit.co.id maupun secara offline dengan datang langsung ke lokasi toko.
  2. Apabila akad transaksi telah selesai maka, Customer sepakat bahwa produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi atau dapat disebut dengan “Jual Putus” (No Refund), mengingat seluruh hak-hak dan akad jual beli masing-masing pihak telah terpenuhi.
  3. Refund / Garansi Pengembalian / Tukar Produk, hanya dapat dilakukan apabila customer melakukan kesepakatan atau negosiasi dengan pihak Orbit.co.id sebelum akad jual beli dilakukan. Sebagai contoh customer dapat melakukan kesepakatan: “Saya ingin uang saya dikembalikan apabila produk yang saya terima tidak sesuai dengan kesepakatan”

Ketentuan Jasa Servis

Sebagai penyedia jasa layanan servis komputer, Orbit.co.id berusaha untuk selalu amanah dalam melayani customer dalam perihal servis perangkat, Dengan itu peraturan ini kami adaptasi dari hukum syariah yang harus ditaati oleh kedua belah pihak (Pemberi manfaat dan penerima manfaat).

  1. Dengan menggunakan jasa servis Orbit.co.id, Customer (penerima manfaat) setuju dengan syarat & ketentuan yang berlaku di Orbit.co.id.
  2. Customer wajib membackup data pada perangkatnya sebelum melakukan servis di Orbit.co.id, Pihak Orbit.co.id tidak bertanggung jawab apabila terjadi insiden kehilangan data customer saat servis dilakukan.
  3. Customer wajib menginformasikan data diri, kontak serta detil kondisi terakhir perangkatnya sebelum memasukkan perangkat ke jasa servis Orbit.co.id.
  4. Jasa servis Orbit.co.id meliputi : Troubleshooting Error, Update Perangkat Lunak, Upgrade Perangkat Keras, Pergantian Perangkat Keras/Komponen serta Instalasi Perangkat lunak. Durasi servis flexible dengan minimal 3 hari kerja sesuai dengan tingkat kesulitan atau  kerumitan kerusakan pada unit.
  5. Customer wajib memilih tipe jasa servis yang ingin digunakan serta membuat permintaan secara jelas melalui berbicara langsung dengan teknisi ataupun staff toko Orbit.co.id.
  6. Customer akan diberikan bukti penyerahan unit/perangkat saat memasukan servisan dan akan diberikan bukti penerimaan unit saat unit servisan dikembalikan, Customer wajib menjaga bukti penyerahan unit karena customer akan dimintai bukti tersebut saat pengambilan unit servisan.
  7. Servis dengan pembongkaran akan ada kemungkinan mengakibatkan lecet pada perangkat karena bekas pembongkaran dan, dapat mengakibatkan Garansi Resmi Pabrik void / hangus / tidak dapat diklaim.
  8. Khusus untuk kasus unit mati total/layar rusak yang dimana pihak orbit.co.id tidak dapat melakukan troubleshooting  melalui sistem operasi Maka, pihak Orbit.co.id tidak bisa dijamin komponen lainnya berfungsi dengan normal serta ada kemungkinan komponen lainnya sudah rusak dari sebelum customer datang.
  9. Apabila part/komponen perangkat dibawa sendiri oleh customer, Pihak Orbit.co.id tidak dapat menjamin part tersebut dapat berfungsi dengan normal pada perangkat Customer (Pihak Orbit Hanya melakukan pemasangan)
  10. Apabila terdapat beberapa kerusakan lain yang baru terdeteksi setelah pengerjaan servis atau pengecekan, Pihak Orbit.co.id akan menginformasikan kondisi tersebut dan akan menginformasikan apabila kerusakan tersebut dapat diperbaiki atau tidak, perbaikan tidak terduga tersebut akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan persetujuan customer.
  11. Pembatalan transaksi perbaikan akan dikenakan biaya Troubleshooting (Pemeriksaan) sebesar Rp.100.000.
  12. Kami tidak bertanggung jawab atas unit perbaikan yang tidak diambil dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan semenjak unit selesai diservis/dibatalkan.
  13. Servis secara online dapat dilakukan dengan cara Customer mengirimkan unit/ perangkat yang akan diservis ke Orbit.co.id, Seluruh biaya pengiriman ditanggung oleh customer, Pihak Orbit.co.id tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi disaat masa pengiriman.

Tukar Tambah

  1. Dalam prinsip syariah akad tukar tambah tidak diperbolehkan sehingga kami tidak melayani transaksi Tukar Tambah untuk seluruh jenis produk Namun, apabila cutomer menghendaki Orbit.co.id dapat melayani dengan cara memisahkan  menjadi 2 akad yang berbeda, Tukar Tambah menjadi akad Jual & Beli  (Tidak dalam 1 transaksi).
  2. Memisahkan akad tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan akad jual beli yaitu Pihak Orbit.co.id membeli barang/produk milik customer terlebih dahulu sesuai dengan kesepakatan dan fiqh muamalah, Lalu kemudian customer dapat membeli produk yang baru sesuai dengan kesepakatan di akad atau transaksi yang berbeda.

Main Menu